Sunday, December 16, 2012

Aku (Bukan) Batman

Seharusnya saya bisa menulis dengan cepat, tapi entah kenapa menjadi sangat lama karena kesulitan menuliskan paragraf pembuka *halaaah sudah seperti bikin pidato Presiden aja! #Abaikan.

Belakangan ini saya mengalami kesulitan tidur malam, ya sudah beberapa hari ini bahkan lebih dari seminggu rasanya. Memang segala sesuatu pasti ada penyebabnya, termasuk mengapa saya jadi kesulitan tidur di malam hari "ngalong"? Hanya saja alasan itu belum kutemukan dengan jelas hingga detik ini. Jadi teringat beberapa tahun yang lalu juga mengalami hal serupa, susah tidur hingga berujung pada turunnya stamina dan akhirnya harus menemani para suster di Rumah Sakit (baca : Opname).

Kenapa tidak ku sebut sebagai insomnia saja? Tidak, bukan gak berani sih hanya rasanya yang saya alami belum cukup untuk dikatakan sebagai Insomnia karena juga belum "menyiksa" saya. Paling lama akhirnya tertidur dengan sendirinya sekitar jam 03.30 WITA, inilah yang saya cemaskan kawan bahwa saya tidak menghendaki namanya ketiduran, sangat tidak baik untuk kesehatan pikiran. Jadi jelas yang terbaik adalah meniatkan (menyengajakan) untuk tidur.

Kembali pada kesulitan tidur, saya hanya menduga-duga saja apa iya karena ini sebuah kebiasaan? Bisa jadi benar, bisa jadi salah. Benar karena sesuatu terjadi juga karena kebiasaan, bukan? Tapi saya berpikir lagi, masa iya mau "memaksakan" diri untuk tetap terjaga walau badan telah letih? Okay, abaikan sajalah. Memang segala yang terjadi pasti ada efek plus minusnya, pasti. Kesulitan tidur? Negatifnya jelas pada kesehatan, cepat atau lambat pasti akan berujung pada kesehatan juga, contoh sederhana saja mengalami pusing saat bangun tidur. Tapi bersamaan dengan itu, ada sisi positif atau manfaat yang ku alami ini.

Manfaatnya, lebih pada kepuasan diri saja. Ada "part" dalam diri saya yang menyukai keheningan, sunyi, yang hanya bisa didapatkan saat tengah malam atau dini hari. Saat itu jugalah saya merasa rileks dan berbagai pikiranpun seakan beterbangan. Saya bukanlah tipe pemikir "think", tapi justru pemikiran saya semakin menggila dan liar saat tengah malam!

Seperti apa pemikiran liar itu??

Hal-hal yang mungkin absurd, aneh, bahkan mustahil. Contohnya saja saat ini saya sedang merindukan seseorang yang berada ratusan kilometer mungkin, berbeda pulau dan dipisahkan lautan! Kemudian muncullah pemikiran ekstrim itu, yang dengan atau tanpa disadari muncul begitu saja, sengaja atau tidak sengaja, seperti pertanyaan yang kadang terlintas di otakku ini.

"Bisa gak yaa pikiranku menembus batas?" *semacam telepati mungkin, atau mind reading dari jarak jauh.

atau,

"Bisa gak yaa pergi kesana tanpa harus berpindah secara fisik?" *entah menggunakan Astral Projection, atau apapun itu.

Nah, sudah jelas bukan jawabannya? Mustahil, sekilas akan seperti itu. Yaaaa, hal-hal itulah yang menjadi kegilaan dari pikiran saya, semakin liar jika lewat tengah malam. Sisi lainnya, karena keheningan itu, saya menjadi lebih mudah dalam menulis, rasanya mengalir begitu saja. Tidak seperti saat saya menuliskan postingan ini, sore hari, rasanya susah sekali berkonsentrasi.

Hmm, menuliskan ini jadi teringat pada salah satu sahabat saya, sebut saja "Mawar". Dia sempat bilang, kalau hampir setiap malam juga susah tidur "terganggu", kadang pun usai shubuh baru bisa tidur, tapi dia seorang indigo, kawan! Anak-anak indigo memang rentan mengalami kesulitan tidur.

Sedangkan saya?

Indigo, kah? Hahaha, entahlah tapi yang sepertinya bukan, karena saya merasa tidak mengalami "gejala" indigo. Walaupun (sedikit flashback) semenjak kecil saya suka bicara sendiri, semacam "mengimajinasikan" teman imajinatif, tapi wajarlah karena semua anak kecil juga begitu, daya imajinasinya cukup tinggi.

Tapi bagaimana kalau andaikan masih terbawa hingga kini? Lagi-lagi berpikir, saya ini indigo, autis, atau jenis-jenis lainnya?? Whakakakak,,, :)) | Intinya saya "merasa", seorang "teman" itu seolah tampak nyata saat tengah malam, *ini belumlah menjadi fakta kawan, karena sayapun ragu! #BukanHoror | Memang, ada perbincangan diantara para pakar hypnotherapy bahwa saat ini seseorang memungkinkan untuk menciptakan "tuyul", semacam virtual asisten mirip yang saya katakan sebelumnya, dimana tuyul itu bisa kita perintahkan berbuat sesuka hati tanpa batas dimensi ruang dan waktu, termasuk perbuatan yang kenthir sekalipun, hahaha... #Intermezzo saja :D

***

Oh ya sobat, terakhir. Apakah pernah mengalami situasi dimana keinginan atau yang kita pikirkan seolah terkabul dengan mudahnya? Power of Mind mungkin, saat ini saya sedang "merasakan" itu. Semacam fenomena saat kita mendapat jawaban bahkan sebelum kita mengajukan pertanyaan, atau mendapatkan 'sesuatu' saat kita belum memintanya! Pernah...??

Finally, harus ku terima kalau belakangan ini susah tidur malam dan cenderung tidur jelang shubuh. Walau demikian percayalah, Aku (Bukan) Batman, :))


Dan untuk seseorang, maafkan saya belakangan ini selalu kesiangan dalam membalas pesan, jadi jarang nyapa duluan.

"Well I'm no superman
But I'll love you that best I can
And you know I'm just flesh and bones, but with you
I feel I'm flying
Don't you know I'm no superman
But I'll always be your man"
#AsliCurcol :|

Terimakasih sudah membaca posting yang panjang ini, :D

67 comments:

  1. mas, saya juga bernasib sama mas, paling2 jam 3 ato jam 4 pagi baru bisa tidur, benar2 jadi batman tiap malem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, *toss*, iya ini,, untung lagi nganggur, kalau padat wah bisa K.O, :D

      Delete
  2. Di malamnya tidak dapat tidur, dan di waktu siangnya susah pula mahu bangun!! heheh

    Salam dari Malaysia. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha,,, jadi bangunnya kesiangan, :D

      Salam kembali, :)

      Delete
  3. biasain tidur sebelum jam 12 malam, seingat saya teman ada yang bilang kalo diatas jam 12 itu hormon apaaa gitu meningkat, itu yang memicu otak cenderung lebih bebas berpikir dan menghilangkan kantuk. (Ini murni dari teman, dan belum saya cek kebenarannya). Jadi mending tidurnya jam 9/10, bangun lagi jam 2. Itu segaarr sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa tus, aku pernah baca juga kalau yang baik itu bisa tidur nyenyak antara jam 9-11 dan bangun jam 2, ada pengaruh sama organ tubuh, :)

      Delete
  4. aku ini bukan batman . aku hanya manusia nocturnal :))

    ReplyDelete
  5. Gue juga gitu, jarang banget tidur cepat mungkin karena udah jadi kebiasaan :))

    ReplyDelete
  6. insomnia lu bener-bener akut bang, seakut jomblonya gwe *kemudianGalau*

    ReplyDelete
  7. aku dulu pas lagi numpuk numpuknya tugas juga suka tidur malem, dan sehabis itu kadang juga kebiasaan tidur malam belum bisa ilang juga. tapi enak juga sih menurut gue tidur malem, soalnya semakin malem, semakin senyap, menambah kedamaian :)

    ReplyDelete
  8. "You merely adopted the dark. I was born in it, molded by it." - Bane -

    kenapa saya ngambil quote ini? karena kalau saya sih, karena sejak SMP kerja di cafe malam, jadi emang jam tidurnya gak bener, akhirnya saya tidur tiap siang aja, karena malemnya kerja, shubuh siap-siap sekolah/ngampus..
    Tapi Alhamdulilah, sejak berhenti kerja di cafe itu, udah normal lagi jam tidurnya, meskipun adaptasinya penuh penderitaan.. :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. WOw, LUAR BIASA, langsung paginya kerja?? :bd

      Delete
  9. nasib kita sama bang sama sama insomnia, ,

    ReplyDelete
  10. aku jugaa..susah tidur kalo mlm..tp siangnya malah ngantuk... :(

    ReplyDelete
  11. udah biasa itu,, sebagai seorang blogger yang budiman mayoritas emang suka ngalong *lhoh*

    ReplyDelete
  12. Wah bang saya juga susah tidur malem..
    Tapi kalo lagi siang malah bawaannya ngantuk..

    ReplyDelete
  13. tapi kalo gitu terus gak sehat lho beneran...

    kata temen deketku, insomnia sebenarnya adalah gejala stress yang gak kita sadari. otak kita terus berpikir dan tidak ada jawabannya... akhirnya gak sadar bahwa tubuh sebenarnya juga butuh istirahat.
    tau-tau sakit.

    Oleh karena itu... biasakan untuk istirahat ontime sebelum jam 11 udah tidur dan bangun jam 4 pagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Budhe, rasanya memang itu yang saya alami juga. :|

      Delete
  14. Aku sebenarnya pengen bisa kayak gitu sekarang, maksudnya gak sampe insomnia si, tapi paling gak jam tidur bisa agak malam, ntah jam 11 ato 12 gitu. Soalnya sekarang jam 9 aja kadang udah I-)

    Jadi kasian sama yang sering ditinggal ketiduran :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaduuuuhh,, bersyukurlah bisa tidur jam 9! Pasti yang ditinggal tidur itu bisa ngerti kok mbak mae, =))

      Walau pasti kadang ada ngambeknya tuh orang, kadaaang, dikiiitt :))

      Delete
    2. Eaaaaaaaakk.. Ternyata pake acara ngambek juga. Hihihi. Kapok wesss :p

      Delete
    3. Hahahaha,,, ngambeknya itu kalau lagi membahas "topik" tertentu.. :p :)) :D

      Delete
  15. untung gue ga separah itu, gue cuma kadang-kadang aja ga bisa tidur malah pernah semeleman gue ga bisa tidur, soalnya gue harus ngerjain tugas dan besoknya udah harus diserahin :)

    ReplyDelete
  16. nahloh bang pemikiran liar kalo malam hari itu maksudnya apa? berpikiran tentang binatang liar kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan binatang, tapi hal-hal ekstrim,,,

      Delete
  17. Gua juga kya gt, dari SMP udah insomnia akut .
    Malah kadang sampe ga tidur -.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,,, jelas ada sesuatu di dalam dirimu yang perlu dicari tahu,,,

      Delete
  18. Iy gak ap2, gw mklum kq lau emg kmu gtu. Bls sms ksiangan jg gk ap2. *PeDe bgt gw ya.
    Gw cma mau doain mga pnyakit insomnia akut mu bsa smbuh.

    ReplyDelete
  19. Sama kayak aku berarti belakangan ini lagi susah tidur karena masuk angin :/
    kadang juga insomnia gara2 berimajinasi dulu sebelum tidur jadinya malah gak bisa tidur semalaman.

    #Salam BE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata teman saya, imajinasi tentang "sesuatu" itu bikin cepat tidur, :))

      Delete
  20. waaa smaan kita kaka gandi . kalo aku tidur jam 1 an kalo di bali mungkin jam 3an :D

    ReplyDelete
  21. Jangan lama-lama kayak gitunya kak. Gak sehat ._.
    Tapi itu kalau pagi atau siangnya gimana tuh kak? Kakak tidur apa enggak? :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang tidur kadang juga enggak jadinya suka Hibernasi... :D

      Delete
  22. Akhir-akhir ini saya juga gitu lho Ka Gandi..
    Susah tidur -__-
    Padahal biasanya jam 9 malem aja udah tidur..
    Muahahahahaha

    ReplyDelete
  23. kayaknya belom pernah deh mendapatkan jawaban sebelum mengajukan pertanyaan :| apalagi kalo pas ujian -____-v
    faktor kebiasaan juga memperngaruhi pola tidur hehee
    kata dokter kalo udah biasa tidur larut akan sangat sulit untuk tidur lebih cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Benar, karena kebiasaan nih... Rawan drop kalo gini mah, :|

      Delete
  24. wah kayaknya ini memang gaya hidup yg musti kita galakkan coi dan kita lestarikan ya

    ReplyDelete
  25. cyda pulak, tiap-tiap hari tidur awal.. hehehe :D

    ReplyDelete
  26. jangan lupa berdoa sebelum tidur gandi..
    biar bisa cepet tidur dengan nyenyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Kak Mei, terimakasih diingatkaann,,, :)

      Delete
  27. Boleh di cc-in ke sang seseorang gak nih?

    *kayak tauuu aja siapa seseorang :p

    btw, di awal2 nikah dulu juga saya mayan sering ga bisa tidur.. setelah dianalisa sendiri penyebabnya, rupanya karena pagi-sore saya ga ngapa2in, sehingga ya wajarlah malemnya melek xixixi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe,,, iya mbak bisa banyak sebab.
      Wow CC ke siapa hayoo?? :p

      Delete
  28. Selamat menjadi makhluk nokturnal, mas......
    hehehehehe.....

    jangan banyak begadang mas, jika gak ada perlunya......

    ReplyDelete
  29. Aku baru sadar km sakit beneran ya kemarin gan? kirain ga bisa sakit..wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gila ente yu', dikira gue Monster kali yak?? :O

      Delete
    2. hahahaha.. numpang promo ah ya..
      ayurianti.blogspot.com :P

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...