Sunday, December 30, 2012

Cinta Yang Seharusnya

Minggu siang menjelang sore dengan hujan yang membasahi bumi, halaaah... Semoga sobatku baik-baik saja, Aamiin... Maaf judulnya provokatif, atau mungkin malah gak nyambung dengan isi dari posting ini, hahaha... Abaikan saja, kawan. Posting ini untuk pertama kalinya dalam blog ini dalam format pointer dan bukan dalam bentuk paragraf.

Sudah lama sebenarnya saya "penasaran" tentang yang namanya "Cinta", berkaca atas pengalaman pribadi plus hobi "mengamati" orang lain, tolong dibedakan dengan KEPO yaaa, :D

#1 Setiap orang pasti pernah mengalami kondisi yang disebut "Jatuh Cinta", sudah jelas cinta bukanlah sebuah perasaan saja, namun sebuah tindakan. Bukan hanya tentang apa yang kita rasakan, tapi bagaimana menunjukkan perasaan tersebut pada pasangan.

#2 Besar atau banyaknya Cinta yang dimiliki, tidak berarti mampu menjamin kebahagiaan dalam sebuah jalinan hubungan cinta. Kenapa??

#3 Karena betapapun besarnya cinta yang dimiliki, tanpa dibarengi kemampuan yang besar dalam menjalin cinta, peluang hubungan untuk menjadi berantakan pasti terjadi.

#4 Cinta dalam hatimu, ya tentu menyoal tentang KAMU. Tapi jika sudah dalam konteks sebuah hubungan cinta dengan pasangan, maka penentunya adalah "KITA", bagaimana kemampuan untuk saling menghargai pasangan.

#5 Coba pikirkan, bagaimana bisa disebut mencintai jika tak mampu tidak pernah menghargai perasaan cinta pasanganmu?

#6 Jika kamu mempunyai cinta, maka buatlah bagaimana hubungan itu menjadi nyaman, bahagia, yang tentu harus diawali dengan membuat pasangan kita merasakan hal yang sama, create it!

#7 Tapi cara orang merasa dicintai berbeda-beda lho, pernahkah menemukan atau mengalami kondisi saat kamu mencintai seseorang, tapi orang itu tidak merasa dicintai? Jadi apa yang salah? Bagaimana seharusnya?

#8 Maka kenalilah "Bahasa Cinta" dari pasanganmu, setiap orang tentu berbeda. Ada yang merasa dicintai jika diberi hadiah oleh pasangannya, ada pula yang merasa dicintai jika pasangannya mampu menyediakan Quality time bahkan saat sibuk, dan lain-lainnya.

#9 Bagaimana cara mengenali Bahasa Cinta? Komunikasi adalah jawabannya, jangan pernah malu untuk menanyakan tentang ini, belajar untuk membangun kepekaan.

#10 Sederhananya saja, PERTAMA lupakan saja tentang bagaimana membahagiakan pasangan, namun FOKUS untuk menghindari hal-hal yang membuatnya merasa tersakiti, marah, galau, dan sebagainya.

#11 SEKALI LAGI, berusahalah untuk tidak melakukan hal-hal yang membuat pasangan menjadi tersakiti, marah, sedih, dan sebagainya.

#12 Jika kita konsisten untuk menghindari hal-hal yang tidak dia sukai, otomatis dia akan merasa bahagia dan bertambah cinta.

#13 PERLU juga dipahami, jika kamu selalu menuntut bagaimana pasanganmu memperlakukanmu (dalam batas yang tak wajar) dan tak mempedulikan sikapmu kepada pasanganmu, siap-siap saja untuk BUBAR!

#14 Dalam sebuah hubungan, bukan bagaimana kamu diperlakukan NAMUN bagaimana KALIAN SALING memperlakukan.

#15 Tanamkan sugesti ini dalam pikiranmu, "Rasa cintaku jauh lebih besar daripada sekedar rasaku untuk ingin dituruti", minimal bisa menjadi "benteng".

#16 Coba cek bagi KALIAN yang hubungannya sering mengalami KONFLIK? Apakah apa yang saya sampaikan diatas berjalan dengan baik?

#17 Sebab utama sebuah konflik biasanya karena masih terpaku pada "AKU-KAMU", yang tak sadar memunculkan ego, terlalu pentingkan diri sendiri dan lupa tentang kebersamaan itu.

#18 Hubungan cinta kan bukan sebuah pengadilan atau DPR? Jadi kenapa harus banyak tuntutan? Mencintai dengan kesepakatan tentu berbeda bukan? Intinya, jangan menuntut secara berlebihan, be a wise.

#19 Cinta, sama dengan ketika ingin berbagi. Ingin berbagi cokelat, tentu kamu harus punya cokelat terlebih dulu. Begitu juga cinta, bagaimana kau mampu mencintai jika kau sendiri tak mampu mencintai dirimu?

#20 Sering kan kita temui pasangan yang berpisah, tapi ketika ditanya dan mereka "Aku masih sayang dia", nah inilah akibat tidak mampu menjalin "hubungan".

#21 Menjalin hubungan BERARTI kalian sudah merelakan diri, ikhlas untuk BERSATU. Menggunakan pikiran kalian yang berbeda, untuk satu tujuan "KITA". Gunakan PERBEDAAN dan PERSAMAAN yang kalian miliki, untuk saling MELENGKAPI.

#22 Salah satu pertanyaan penting dalam hubungan adalah "perlakuan apa yang membuatmu merasa dicintai?" <~ berusahalah untuk penuhi ini.

#23 Pertanyaan lain, "hal apa saja yang jika ku lakukan membuatmu sakit dan kecewa?" <~ ini pun perlu dicamkan.

#24 Andai saja setiap orang memahami dua pertanyaan itu, tentu hubungan cinta itu akan berkualitas, mau?

#25 Last, dalam berhubungan, ada saat kapan harus mengalah, dan kapan harus meminta! Ada konteks yang tepat untuk keduanya.

#26 Ingat, cinta itu seperti rumah atau karir, perlu DIBANGUN secara perlahan, dengan proses yang saling memuliakan, memberdayakan, bukan sebaliknya.

#27 SETIA

***

Well, sekian saja posting ini. Bukan berniat untuk menggurui hanya untuk belajar dan sebagai pengingat pribadi.

Selamat mencintai pasangan Anda, dan selamat menebar cinta (universal) dimanapun Anda berada.



* Mulai mengerjakan sesuatu & can't wait 17 January 2013, :)

7 comments:

  1. Ciye kata-katanya sweet abis kak :D

    ReplyDelete
  2. asli co cuiit abis :D

    gue paling suka sama yang ini, "Coba pikirkan, bagaimana bisa disebut mencintai jika tak mampu tidak pernah menghargai perasaan cinta pasanganmu?" realita banget.

    ReplyDelete
  3. sedih...omongin pasal cinta.
    gak tahu la.. tapi yang pasti cinta itu memang antara dua hati.
    terkadang termasuk hati ibu bapa si doi. Tapi ada juga hati pihak ketiga,
    aneh banget,,,terkadang kerana cinta gak nyadar waktu banyak di persiakan.dan yang indah memang ada juga.

    semuanya adil..get n give..

    ReplyDelete
  4. *uhuk* yang habis dapet award postingannya makin kece kaan :D ciye ciyee
    aku suka -pake banget- sama #27 ! ;)

    selamat ya kak :)
    tetep semangat dan Salam Energy :')

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...