Friday, December 21, 2012

Sangat Penting

Wow, tidak terasa sudah berada di penghujung tahun 2012 yang menyisakan kurang lebih 10 hari lagi menuju tahun 2013. Artinya, setidaknya ada hal-hal yang harus direfleksikan selama tahun 2012 ini, tidak banyak memang output-ku di tahun 2012 ini, ya masih terbilang nihil. Emang iya bisa sampai 2013? Kan katanya kiamat tuh tanggal 21-12-2012? Hahaha,,, itu perkara Tuhan saja, :D

Kembali pada satu hal yang perlu direnungkan, dipikirkan, atau apapun sebutannya-lah. Yaitu tentang kemampuan berbahasa, dalam hal ini adalah bahasa asing. Pasti dan jelas tentang bahasa Inggris, karena bahasa itulah yang saya kenali sejak kecil dari siaran TV dan jadilah jatuh cinta dengan bahasa itu, tapi,,, tapi,,, tapi,,,

Muncul pertanyaan yang diajukan untuk diri sendiri adalah...

Sumber


Bingung tiap kali ditanya "Do you speak english?", bingung jawabnya. Memang terdengar absurd, bahkan tak jarang juga ada yang tanya "masa iya lahir di Bali yang notabene sebagai tujuan wisata Internasional tapi gak bisa bahasa Inggris?" Lagi-lagi mau dijawab apa? Yes or No? Tergantung pada proses pastinya, dan saya berani yakin kejadian seperti ini pernah dialami oleh sobat, hayooo ngaku...?? :))

Padahal di Indonesia, bahasa Inggris sudah dikenalkan sejak kelas 3 SD (jaman saya) hingga ke jenjang SMA bahkan sekarang sudah sejak playgroup pun sudah dikenalkan dengan bahasa asing, english, mandarin, atau arab. Belum lagi ditambah les atau kursus Bahasa Inggris, kan? Seperti saya ini, sudah gak kehitung berapa jumlah sertifikat bahasa Inggris hasil les dulu antara kelas 1 - 3 SMA, numpuk sampai jadi bungkus kacang, entah karena saya menyukai bahasa Inggris atau saking bego'nya kali yaaa?? Hahaha,,, :)) | Dulu itu masih masa jaya, sampai-sampai bingung mesti jawab apa saat teman minta diartikan PR-nya, mau nolak atau terima dengan sedikit terpaksa? #GakBermaksudSombong :D

Sempat juga selama beberapa bulan diminta bantuan oleh guru les saya untuk handle anak-anak SD-SMP, cuma modal nekat langsung saya terima saja. Saat itu sambil nunggu pengumuman kelulusan SMA pasca UN (Ujian Nasional), jadi gak ada salahnya kan mengambil perkerjaan selama itu positif? Empat hal yang saya dapatkan saat itu, pertama jelas pengalaman, kedua saya mampu mengasah kemampuan untuk berani berbicara di depan kelas dimana itu jadi aktifitas yang sangat asing sebelumnya bagi saya, ketiga karena mengajarlah saya bisa menempati posisi sebagai murid dan "facilitator" secara hampir bersamaan, dan keempat tentu salary =))

Sumber

Tapi lucunya, sedemikian rupa pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia tetap saja menjadikan Indonesia masih tertinggal dalam penguasaan dan penggunaan bahasa Inggris, masih kalah dibandingkan negara tetangga yaitu Malaysia, Singapore dan Filipines. Otomatis ini juga ngena di gue, kenapa masih belum juga bisa speaking dengan baik dan benar...?? #Jleeb

Disini kembali memikirkan, apa yang salah atau apa yang kurang tepat? Sampai bisa tertinggal dibanding negara tetangga (umum), atau jika dikhususkan kenapa masih banyak yang belum bisa speaking...??

Proses adalah jawabannya, ini opini pribadi saja yaa >> Pertama, saat dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas-kelas hampir semua dikondisikan sebagai kelas matematika, artinya guru hanya menekankan pada muridnya untuk menguasai grammar, dan tentu saja tak semua murid bisa karena gak semua doyan baca, termasuk saya #Ups! Termasuk saat saya mengajar dulu, masih menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantar, barulah saat saya resign aturan itu diganti dengan mewajibkan siapa pun ditempat itu harus berbicara dengan bahasa Inggris.

Kedua, masalah semangat dan mindset! Banyak teman saya yang beranggapan English itu monster, susah dipahami, susah dibaca, susah juga dibicarakan. Jelas ini asumsi yang tidak memberdayakan, seharusnya terlebih dulu niatkan untuk memasang mindset seperti ini :

Sumber


Ketiga, keaktifan dan lingkungan yang mendukung! Sebut saja "Dono", dia teman SMA saya yang dulu bisa dikatakan SAMA SEKALI buta dan gak paham bahasa Inggris, masih pintar gue dikit, :p . Tapi saat ini semua berbalik kawan, justru dia lebih lancar dalam berbahasa Ingris (speaking), ya karena lingkungannya yang mewajibkan demikian saat dia belajar di pariwisata dimana menguasai bahasa asing sangatlah diutamakan.

***

Sekarang saya baru merasa sedikit menyesal, karena di Bali hampir rata-rata pekerjaan bersyaratkan menguasai bahasa Inggris (entah bagaimana fakta di lapangan), disamping kesulitan menerjemahkan buku-buku literatur Hypnosis dan NLP yang memang sebaiknya berbahasa Inggris, bukan terjemahan.

Sudah mau 2013, jangan sampai ada blogger yang bilang gak bisa atau gak ngerti bahasa Inggris tanpa berusaha lebih dulu menerjemahkannya karena gue pernah nemu nih di salah satu grup blogger tapi tetap #NoMention karena gue juga lupa namanya, hahaha... :))


Well, saya juga gak jago banget bahasa Inggris, tapi please jangan malu-maluin kayak gini nih, #FrontalDikit :D

Sampai kapan...?? | Sumber

Jadi, 
"Tidak ada kata terlambat untuk belajar" - #Quote #NasihatDiri
Karena cepat atau lambat, pada akhirnya kita akan dituntut untuk,

Sumber


Finally, saya sadar bahwa menguasai bahasa asing itu sangat penting.

***

Bagian Pengumuman,

FYI saja, entah ada angin tornado apa yang sebabkan teman saya ini mulai ngeblog lagi, hahaha... :-/ Welcome Ayu Rianti di dunia persilatan blogging, pas banget blognya berbahasa Inggris, katanya gak akan diganti sebelum ada yang protes, *siapa yang mau proteess?? Kali aja bisa request bahasa Jawa, whakakakak :)) | Jadi ada dua blog saat ini di bloglist-ku yang berbahasa asing, selain milik Nava #HappyBlogging

Mohon maaf mungkin selama beberapa hari ke depan (rencana) akan hiatus sejenak karena ada kesibukan yang sangat penting, :)

Thanks for Armae untuk motivasinya, :">

***

** Teks di bawah ini sengaja coPas dari Popcorn -nya Armae untuk kepentingan promosi, gak ada salahnya kan bantu seseorang yang..............?? *Gak usah ditebak :p

Temaaaaaaaaaaaaans, ikutan Giveaway: Popcorn's 2nd Anniversary yukk, ada hadiah menarik untuk 6 orang dengan tulisan terbaik. Deadlinenya masih lama kok, masih 16 hari lagi. Ayooo ayooo ayooo ramaikaann..

56 comments:

  1. pak pak,.. copas nya jgn asal copas donk pak. itu 16 nya d ganti duluu... (-__-")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha,,, iya bu', lupa. Pasnya berapa yaa bu'?? :D

      Delete
  2. hahahaha ketahuan copas mulu..wkwkwkwkw salah lagi tu.


    btw..learning ENglish...wow..pengen speaking pula.
    hihihih..iya Bahasa Inggeris aku tu...kalau nulis alhamdulillah.Tapi bila bercakap..Pronounsnya jadi saLAH. sampai terkeluar bahasa mandarin. wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. WHakakaka,,, ampuun ampuuun salaaah :))

      Delete
  3. hahaha
    aku jadi termotivasi untuk belajar speaking..
    gak mau kalah sama yang lainnya..

    ReplyDelete
  4. hhahahahaa

    aku gak bisa bahasa inggris

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Melayu juga perlu tante, hehe... GReat :)

      Delete
  6. Memang bnr sngat pnting, tp t lah mles bgt mau blajar inggrs t, hehe
    Stiap blajar bhs inggrs gw paham tp susah gunakannya, lgian jg dsni jrang pke bhs asing, gk kyk d bali, tp gw jg pngn bgt bsa b.ing.

    ReplyDelete
  7. kalo di sekolah sih pas pelajaran bahasa inggris aku masih bisa ngeh. tapi kalo udah pelajaran ESP -English for Specific Purpose- atau TOEFL. aku angkat tangan T---T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha,,, itu butuh extra upaya yaa?? :p

      Delete
    2. iyaaa. baca text readingnya gak kuat ~_~

      Delete
  8. sepertinya saya lebih parah deh....hehehe

    ReplyDelete
  9. mau gimana pun, semangat belajar berbicara bahasa inggris saya sudah pudar..

    Susah kalo belajar gak ada dari keinginan..

    ReplyDelete
  10. gue juga termasuk orang yang ga bisa berbahasa Inggris, karena gue waktu sekolah dulu ga perhatiin pelajarannya, malah ibu gurunya :D

    Bahasa asing meng penting, tapi apakah masih penting kalo bahasa sendiri (Indonesia) aja ga terlalu ngerti?

    setelah gue udah nguasai betul bahasa Indonesia baru gue belajar bahasa asing. *cinta Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiiaaaa,,, ngeles.. :p
      Lebih baik menguasai semuanya :D

      Delete
    2. Ndak mudah memang, tapi bukan gak mungkin.... *Semangatin diri sendiri :D

      Delete
  11. hahahahah sepik sepik gak top..... wah gimana ini, elu kasih tips yang top super top donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha,,, kalo tips bukan disini tempatnya :p

      Delete
  12. Awww, it's always good finding my name somewhere on other blogger's posts! :D I guess one of the line up there was inspired by my tweet some nights ago to you, eh? xD My family used to traveled across the world from A to Z, so because we can't keep up with each country's main language, we keep in mind that English is our primary language :)

    Oh, siapapun yang bilang Inggris susah buat dipelajarin dan dibaca di tahun 2013 kayak begini, belum tau rasanya jadi aku yang harus nguasain Jepang dan Korea :D Jiayo everyone! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha,,, How do you one of the paragraph was inspired from your tweet?? :))

      Being a blogger should be creactive to find interesting topic! :)

      Jepang & Korea...?? *Kabuuuurr* :))

      Delete
  13. Woy, apa2an ini namaku dimasuk2in.. Bayar2, ga ada yg gratis.. Sini gan private, murah kok sama aku, tiap pertemuan traktir makan di pizza hut, bahahhaha..
    Sounds good, eh? Cheaper than u have to pay for a course anywhere else, kwkkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm,, tawarannya gak ngenak'i, nanti di pizza hut pasti kenyang trus ngantuk, belajarnya kapan? :))

      Delete
    2. Loh ya gampang gan, tgl tak kasih tugas, suruh terjemahin trs minggu depan kumpul, les lagi di pizza lagi.. >.< kikikikikik..

      Delete
  14. totally agree with the points you elaborate in this post :D

    *ceritanya I speak English, gituh hihihi*

    Yes, I speak English, coz I am an English Lecturer, I am tutoring English Subject, and more than that, coz I loooveeee English a lot *winkwink*

    btw, kok saya mencium ada aroma asmara ya di postingan ini *ehh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, english lecturer?? Untung bukan dosen saya ya mbak, keliatan malasnya saya buat tugas :))

      Asmara, dengan? :p

      Delete
  15. Bahasa inggris saya hanya bisa translatenya kalau nulis inggrisnya masih labil tidak tentu hehe ... :D

    Jadi ingin tinggal di bali supaya lancar speak english :D. Bahasa inggris itu pengantar untuk menuju Internasional :-bd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga jadi Blogger Internasional :D

      Delete
  16. Aaaaaaaak aku udah suka banget mapel ini dari SD kak! XD
    dan merasa bersalah banget ngambil jurusan IPA, karna gak bisa ambil Sastra Inggris nanti pas kuliah ~.~"
    huaaaaa :'(

    ReplyDelete
  17. kamu jadi mengingatkanku kalo aku belum tes TOEFL :D

    ReplyDelete
  18. welll... and the end of it's article.. must i to saya WoowW getooo?

    ReplyDelete
  19. Sama gue jg ga bs bahasa inggris kak, hahaha.
    Rasanya lidah gue tuh susah ngomongnya kak :'(
    udahlah ngomong indonesia aja yg baik dan benar wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha,,, lah kalau nanti pengen jadi Miss universe atau Miss2an gimana?? :))

      Delete
  20. waaaaah, your tips sound helpful ya...hehehe
    I am speaking English too... *nggakadayangnanya -.- since I am studying English Education and Literature, so I am supposed to master English in order to graduate soon..heehehe..

    salam kenal Mister :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal ini bukan tips :p

      Aamiin semoga segera lulus, salam kenal juga :)

      Delete
  21. sekali - kali ikut test toefl lah.. :D
    biar terukur.. :D

    ReplyDelete
  22. saya jarang ikut, sekali ikut TOEFL, cuma dapet 350 :(
    #bad luck me

    ReplyDelete
  23. aku ga jago bahasa inggris, tapi ngerti2 dikit lah baca blog bahasa inggris (teragntung temanya pas ga)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe,, yang penting ada usaha, sama kayak saya juga ga jago banget :p

      Delete
  24. Saya juga gak fasih berbahasa inggris, makanya sering ketipu hahaha

    Kalau Indonesia gak bagus dalam berbahasa Inggris, itu wajar karena penduduk Indonesai beraneka ragam bahasa, MERDEKA

    ReplyDelete
  25. ohh ini toh yang dari kemaren2 penting penting :|
    apalagi dijaman sekarang ya, bahasa inggris udah menjadi suatu kewajiban untuk dikuasai. Kalo masalah kamus di otak lebih cepet diserep kalo dengerin lagu luar. Dicari liriknya, trus artinya nanti ingetnya lebih gampang. Kebukti banget smenjak SMP kls 2 mulai suka lagu2 barat dan smenjak itu minat sama nilai bahasa inggris meningkat :| *kita SMP sama lohh, inget bu silvia maharani gak? pak albert? guru bahasa inggris :p* malah cerita -__-V

    and there must be a willingness ;;)

    ReplyDelete
  26. kalau saya tinggalnya di desa mas, jadi saya merasa masih enggak terlalu penting bahasa Inggris. Justru saya takut bahasa Indonesia yang terancam oleh bahasa anak gaul sekarang.

    thank you sir :)

    ReplyDelete
  27. Saya mule blajar english baru pas smp. Kalo lebih ga lancar dari gandi berarti gapapa kan yah :p

    ReplyDelete
  28. Mempelajari bahasa asing di era globalisasi memang sangat penting. Bagi Anda yang berminat untuk belajar bahasa asing, silakan kunjungi website kami http://rumahbahasauniversal.com/id/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...