Wednesday, October 9, 2019

#SuaraPartaiKapal - Sampah

S.A.M.P.A.H, sampah bisa diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu sampah organik dan anorganik. Yang menjadi masalah saat ini adalah sampah khususnya sampah anorganik yang dihasilkan dari bahan-bahan non-hayati biasanya berupa produk sintesis atau plastik.

Ijin pakai gambarnya, lupa sumbernya darimana.

Mulailah dari diri sendiri, dari rumah sendiri, dari lingkungan sendiri. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sampah, lakukan hal-hal sederhana seperti:

  • Biasakan untuk memilah sampah terlebih dulu agar memudahkan petugas nantinya, pisahkan antara sampah organik dan anorganik.
  • Manfaatkan barang-barang bekas yang sekiranya bisa diolah sebagai kerajinan atau handcraft, hitung-hitung nambah kesibukan dan tidak gabut, hahaha...
  • Point ini yang terpenting menurut saya, #BannedPlastic seperti yang sudah dilakukan di beberapa daerah. Gunakan tas belanja, hindari plastik.
Ijin pakai gambarnya, lupa sumbernya darimana.

Mari kita sadari bahwa bumi sudah tua, sudah rapuh, sudah sangat tercemar. Jangan menjadi manusia egois yang hanya memikirkan diri sendiri, masih ada makhluk hidup lain yang harus kita perhatikan agar jangan lagi menjadi korban sampah plastik, penyu contohnya. 

Manusia adalah "khalifah" yang seharusnya menjaga bumi dan isinya, bila menjaga kebersihan saja tak mampu, jangan harap dan jangan percaya mampu melakukan hal lainnya, jangan sampai hanya menjadi omong kosong semata.

Semoga hati kita tergerak untuk mengurahi #sampah dan menjaga bumi. Jika tidak, mungkin kamu bukan berasal dari Bumi, melainkan planet yang sama dengan Thanos.


Sekian.
#SuaraPartaiKapal

4 comments:

  1. Setuju Gandi, ingin rasanya suarakan dengan keras perihal sampah ini. Karena Indonesia ternyata salah satu penyumpang besar sampah Plastik di asia pasific ini yaitu 187ton sampah dari Indonesia.

    Semangat Gandi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang nomor 2 penghasil sampah makanan di dunia, ironis saat lainnya masih banyak gizi buruk.

      Delete
  2. Entah dengan cara apa lagi untuk dapat menyadarkan masyarakat kita mengenai sampah. Jangankan sampah, air liur pun dibuang sembarangan dan itu mengganggu banget sih bagi saya pribadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimulai dari diri sendiri, bro. Kalau bandel ceburin ke TPA aja, hahaha...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...